Our Story.
Share anything about our laboratorium

BERITA Laboratorium Elektronika Instrumentasi

  

LEI News


Mahasiswa Universitas Andalas telah berhasil menciptakan inovasi terbaru Alat Setrika dan Pelipat Pakaian


Sumber : dokumentasi pribadi

Padang – Mahasiswa Universitas Andalas telah berhasil menciptakan inovasi terbaru untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) laundry di Kota Padang.

 

Alat tersebut diciptakan oleh lima mahasiswa Universitas Andalas yang berkolaborasi, diantaranya Rahdian Hadi Farhan, Taufiqurrahman, dan Ridho Tullah Saputra dari Departemen Teknik Elektro, serta Hafidzah Putri Rahmadani dari Departemen Teknik Industri dan Muhammad Naufalunn Nabil dari Departemen Teknik Mesin.

 

Rahdian mengklaim bahwa inovasi yang diciptakan bersama timnya tersebut mampu menyelesaikan proses menyetrika dan melipat pakaian dalam waktu satu menit.

 

“Biasanya untuk menyetrika dan melipat pakaian membutuhkan waktu sekitar lima menit, tetapi jika menggunakan teknologi ini bisa diselesaikan dalam waktu satu menit,” katanya.

 

“Keberhasilan ini pun mendapat apresiasi dan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI) dan Universitas Andalas,” terangnya.


Sumber : dokumentasi pribadi

 

Diharapkan dengan adanya inovasi ini, UMKM Laundry dapat mengurangi waktu pengerjaan menyetrika dan melipat pakaian, meningkatkan efektivitas, serta produktivitas usaha mereka. Alat canggih ini diharapkan tidak hanya akan mempercepat proses laundry, tetapi juga membantu UMKM Laundry dalam memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat.

 

Inovasi ini merupakan bukti nyata bagaimana mahasiswa Universitas Andalas berkontribusi positif dalam mendukung UMKM di Kota Padang. Harapan kedepannya, inovasi-inovasi semacam ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pengusaha lokal di Indonesia.

 

#pkmpi #universitasandalas #unandstudent #infounand #inovasiberkelanjutan #pkmpendanaan #pimnas36

labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Industrial Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Find Us

Pageview

Followers