Modul 2 7 Segment
2:11:00 PM
C.Menampilkan Karakter Pada Seven Segment
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply
1. Hardware [kembali]
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
Pada percobaan kali ini kita menggunakan
komponen arduino sebagai mikrokontroler, keypad dan switch sebagai input, dan
seven segment digunakan sebagai output. Untuk memulai percobaan pertama-tama tekan
tombol reset. Jika kita ingin menampilkan angka pada seven segment maka kita
menginputkan data dari keypad. Jika kita menekan angka 6 maka angka 6 akan
muncul pada seven segment. Begitupun untuk menampilkan angka lainnya.
3. Flowchart [kembali]
4. Listing Program [kembali]
#include
<Keypad.h> //memasukkan
pustaka keypad
char tombol[4][3] = //menyatakan
tombol di keypad adalah kolom tiga dan baris empat
{ //pembuka
tata letak tombol keypad
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //deklarasi
posisi tombol keypad
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
}; //penutup
tata letak tombol keypad
byte pin[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}; //deklarasi pin
yang diguanakan untuk seven segment dengan tipe data byte
int sakelar[] = {23, 25, 27, 29, 31, 33,
35, 37}; //deklarasi pin yang
digunakan untuk switch dengan tipe data integer
byte pinBaris[] = {17, 18, 19, 20}; //deklarasi pin
yang dihubungkan dengan baris pada pada keypad
byte pinKolom[] = {14, 15, 16}; //deklarasi pin
yang dihubungkan dengan kolom pada pada keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),
//digunakan untuk menciptakan objek
keypad
pinBaris, pinKolom, 4, 3); //objek
keypad yang diberikan yaitu empat kali tiga
void setup() //fungsi
yang di eksekusi pertama pada program
{ //batas
pembuka fungsi void setup
pinMode(10,OUTPUT); //pin sepuluh arduino
digunakan sebagai output
digitalWrite(10,LOW); //pin
sepuluh pada arduino dalam keadaan low
for(int i=0;i<9;i++) //fungsi
untuk variabel idengan keadaan awal nol meningkat sampai kecil dari embilan
{ //
batas pembuka fungsi for
pinMode(sakelar[i],INPUT); // pin i
digunakan sebagai input
} //
batas penutup fungsi for
} //
batas penutup fungsi void setup
void
loop() //
fungsi perulangan pada program
{ //
batas pembuka pada fungsi perulangan
if(digitalRead(23)==HIGH) // fungsi
jika pembacaan pin 23 dalam keadaan high
{ //
batas pembuka fungsi jika 23 high
char kode = keypad.getKey(); //
fungsi untuk membaca tombol apa pada keypad yang ditekan
if (kode == NO_KEY) / keadaan jika tombol
tidak terbaca
return; //
perintah return akan dieksekusi
if (kode == '*' || kode == '#') // jika tombol
* atau # yang ditekan
{ //
pembuka fungsi jika * atatu # yang ditekan
return; //
perintah return dijalankan
} // penutup fungsi keadaan jika menekan * atatu #
if(kode == '7') //fungsi
untuk keadaan tombol ditekan angka 7
{ //batas
pembuka jika yang ditekan angka 7
digitalWrite(2,HIGH); //pin
2 seven segment hidup
digitalWrite(3,HIGH); //pin
3 seven segment hidup
digitalWrite(4,HIGH); //pin
4 seven segment hidup
digitalWrite(5,LOW); //pin
5 seven segment mati
digitalWrite(6,LOW); //pin
6 seven segment mati
digitalWrite(7,LOW); //pin
7 seven segment mati
digitalWrite(8,LOW); //pin
8 seven segment mati
digitalWrite(9,LOW); //pin
9 seven segment mati
} //penutup fungsi jika angka 7 ditekan
} //end5. Video [kembali]
6. Kondisi [kembali]
1. Menggantikan fungsi keypad dengan switch, jika keypad ditekan 7 muncul 7, jika switch ditekan switch yang ke 4 muncul 4
2. Menambahkan urutan LED pada rangkaian sepuluh buah jika keypad ditekan angka tertentu maka LED hidup sebanyak angka yang ditekan
3. Jika keypad yang ditekan angka tertentu, maka led yang mati sebanyak angka yang ditekan dan yang lain hidup
4. Jika tombol angka pada keypad ditekan maka led pada urutan angka tersebut akan hidup
5. Jika tombol angka pada keypad ditekan maka led pada urutan angka tersebut akan mati
6. Jika tombol ‘*’ yang ditekan maka led akan berkedip
7. Jika tombol ‘#’ yang ditekan maka led akan mati
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download