Our Story.
Share anything about our laboratorium

Modul 2 7 Segment




C.Menampilkan Karakter Pada Seven Segment

Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply

 
1. Hardware
[kembali]


2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
Pada percobaan kali ini kita menggunakan komponen arduino sebagai mikrokontroler, keypad dan switch sebagai input, dan seven segment digunakan sebagai output. Untuk memulai percobaan pertama-tama tekan tombol reset. Jika kita ingin menampilkan angka pada seven segment maka kita menginputkan data dari keypad. Jika kita menekan angka 6 maka angka 6 akan muncul pada seven segment. Begitupun untuk menampilkan angka lainnya. 

3. Flowchart [kembali]

4. Listing Program [kembali]
#include <Keypad.h>                                                 //memasukkan pustaka keypad
char tombol[4][3] =                                                     //menyatakan tombol di keypad adalah   kolom tiga dan baris empat
{                                                                                  //pembuka tata letak tombol keypad
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},                                                               //deklarasi posisi tombol keypad
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};                                                                                 //penutup tata letak tombol keypad

byte pin[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9};                             //deklarasi pin yang diguanakan untuk seven segment dengan tipe data byte
int sakelar[] = {23, 25, 27, 29, 31, 33, 35, 37};          //deklarasi pin yang digunakan untuk switch dengan tipe data integer
byte pinBaris[] = {17, 18, 19, 20};                             //deklarasi pin yang dihubungkan dengan baris pada pada keypad
byte pinKolom[] = {14, 15, 16};                                //deklarasi pin yang dihubungkan dengan kolom pada pada keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),    //digunakan untuk menciptakan objek keypad
pinBaris, pinKolom, 4, 3);                                           //objek keypad yang diberikan yaitu empat kali tiga
void setup()                                                                 //fungsi yang di eksekusi pertama pada program
{                                                                                  //batas pembuka fungsi void setup
pinMode(10,OUTPUT);                                           //pin sepuluh arduino digunakan sebagai output
digitalWrite(10,LOW);                                             //pin sepuluh pada arduino dalam keadaan low
for(int i=0;i<9;i++)                                                    //fungsi untuk variabel idengan keadaan awal nol meningkat sampai kecil dari embilan
    {                                                                        // batas pembuka fungsi for
      pinMode(sakelar[i],INPUT);                             // pin i digunakan sebagai input
    }                                                                         // batas penutup fungsi for
}                                                                             // batas penutup fungsi void setup
void loop()                                                               // fungsi perulangan pada program
{                                                                              // batas pembuka pada fungsi perulangan
if(digitalRead(23)==HIGH)                                    // fungsi jika pembacaan pin 23 dalam keadaan high
   {                                                                           // batas pembuka fungsi jika 23 high
   char kode = keypad.getKey();                              // fungsi untuk membaca tombol apa pada keypad yang ditekan

  if (kode == NO_KEY)                                          / keadaan jika tombol tidak terbaca
    return;                                                                 // perintah return akan dieksekusi
      if (kode == '*' || kode == '#')                            // jika tombol * atau # yang ditekan 
        {                                                                     // pembuka fungsi jika * atatu # yang ditekan
        return;                                                             // perintah return dijalankan
        }                                                                     // penutup fungsi keadaan jika menekan * atatu #
if(kode == '7')                                                          //fungsi untuk keadaan tombol ditekan angka 7
{                                                                            //batas pembuka jika yang ditekan angka 7
digitalWrite(2,HIGH);                                               //pin 2 seven segment hidup
digitalWrite(3,HIGH);                                               //pin 3 seven segment hidup
digitalWrite(4,HIGH);                                               //pin 4 seven segment hidup
digitalWrite(5,LOW);                                                //pin 5 seven segment mati
digitalWrite(6,LOW);                                                //pin 6 seven segment mati
digitalWrite(7,LOW);                                                //pin 7 seven segment mati
digitalWrite(8,LOW);                                                //pin 8 seven segment mati
digitalWrite(9,LOW);                                                //pin 9 seven segment mati
  }                                                                             //penutup fungsi jika angka 7 ditekan
}                                                                              //end

5. Video [kembali] 



6. Kondisi [kembali]
1. Menggantikan fungsi keypad dengan switch, jika keypad ditekan 7 muncul 7, jika switch ditekan switch yang ke 4 muncul 4
2. Menambahkan urutan LED pada rangkaian sepuluh buah jika keypad ditekan angka tertentu maka LED hidup sebanyak angka yang ditekan
3. Jika keypad yang ditekan angka tertentu, maka led yang mati sebanyak  angka yang ditekan dan yang lain hidup
4. Jika tombol angka pada keypad ditekan maka led pada urutan angka tersebut akan hidup
5. Jika tombol angka pada keypad ditekan maka led pada urutan angka tersebut akan mati
6. Jika tombol ‘*’ yang ditekan maka led akan berkedip
7. Jika tombol ‘#’ yang ditekan maka led akan mati


7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download
labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Industrial Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Find Us

Pageview

Followers