Our Story.
Share anything about our laboratorium

modul 2 LCD




A. Menampilkan Karakter Pada LCD
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply

 
1. Hardware
[kembali]

2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
    Rangkaian ini terdiri dari Arduino, 4 buah Switch, keypad, 1 LED, dan LCD. Switch terhubung ke pin digital arduino (53,51,49,dan 47), LED terhubung ke pin digital 13, KEYPAD terhubung ke pin digtal (14,15,16,17,18,19,20) dan LCD ke pin digital arduino RS=12, E=11, D4-D7 (4-7). Untuk memulai program silahkan masukkan program arduino, tekan play pada pojok kiri bawah, dan tunggu sejenak. setelah aktif tekan tombol reset sebelum eksekusi program. Prinsipnya apabila switch svdt 0 pada pin digital 53 arduino bernilai HIGH maka keypad akan aktif dan apabila tombol 1 ditekan maka LCD akan mencetak serta menampilkan tulisan "PRAKTIKUM" dengan kondisi LED Hidup.

3. Flowchart [kembali]

4. Listing Program [kembali]
#include <Keypad.h>                                     //Mengaktifkan library keypad
#include <LiquidCrystal.h>                             //Mengaktifkan library LCD    
int switchh = 3;                                               /Deklarasi switch pada pin 3
const int PIN_RS = 12;                                   
const int PIN_E = 11;
const int PIN_DB4 = 7;
const int PIN_DB5 = 6;                                 //Pendeklarasian pin untuk LCD
const int PIN_DB6 = 5;
const int PIN_DB7 = 4;

LiquidCrystal lcd(PIN_RS,PIN_E, PIN_DB4,  //Mengaktifkan pin LCD
PIN_DB5, PIN_DB6, PIN_DB7);

const byte BARIS = 4; // 4 Baris                       //Pendeklarasian baris keypad dengan varibel BARIS
const byte KOLOM = 3; // 3 Kolom                 //Pendeklarasian kolom keypad dengan varibel KOLOM

char tombol[BARIS][KOLOM] = {
  {'1','2','3'},
  {'4','5','6'},                                                     // Menyatakan baris dan kolom keypad dalam bentuk
  {'7','8','9'},                                                        array.
  {'#','0','*'}
};
byte bariskeypad[BARIS] = { 14, 15, 16, 17 };            //Menyambungkan baris keypad ke pin arduino
byte kolomkeypad[KOLOM] = { 18, 19, 20 };            //Menyambungkan kolom keypad ke pin arduino
Keypad kpd = Keypad( makeKeymap(tombol),         
bariskeypad, kolomkeypad,BARIS, KOLOM );           //Mengaktifkan fungsi keypad

#define ledpin 13                                             //Menyatakan keypad pada pin 13

void setup()                                                     //Fungsi utama arduino
{                                                                      //Pembuka program
  lcd.begin(16, 2);                                            //Memulai LCD tipe 16x2
  pinMode(ledpin,OUTPUT);                           //Deklarasi ledpin sebagai output
  pinMode (switchh, INPUT);                           //Deklarasi ledpin sebagai input
  digitalWrite(ledpin, LOW);                             //Kondisi awal led mati
  Serial.begin(9600);                                         //Komunikasi serial arduino ke komputer
}                                                                      //Penutup program

void loop()                                                       //Fungsi perulangan pada arduino
{                                                                      //Pembuka program
  if (digitalRead(switchh)==1)                           //Kondisi If saat switchh==1
  {                                                                    //Pembuka program
    char tombol = kpd.getKey();                        //Deklarasi tombol sepagai pemanggilan fungsi keypad
    if(tombol)                                                     //Jika if  itu tombol
    {                                                                  //Pembuka program
      switch (tombol)                                          //Jika switch itu tombol
      {                                                                //Pembuka program
      case '1':                                                      //Jika tombol keypad 1 ditekan
        digitalWrite(ledpin, HIGH);                       //Kondisi led hidup
        lcd.clear();                                                //Membersihkan LCD
        lcd.setCursor(0,1);                                    //Memposisikan tulisan di baris ke-0 dan kolom ke-1
        lcd.print("PRAKTIKUM");                       //Mencetak tulisan di PRAKTIKUM di lcd
        break;                                                      //fungsi selesai untuk kondisi case ‘1’
     
     
      case '2':                                                      //Jika tombol keypad 2 ditekan
        digitalWrite(ledpin, HIGH);                       //Kondisi led hidup
        lcd.clear();                                                //Membersihkan LCD
        lcd.setCursor(0,1);                                    //Memposisikan tulisan di baris ke-0 dan kolom ke-1
        lcd.print("MIKROPROSESOR");             //Mencetak tulisan di MIKROPROSESOR di lcd
        break;                                                       //fungsi selesai untuk kondisi case ‘2’                        
 
      case '3':                                                      //Jika tombol keypad 3 ditekan
        digitalWrite(ledpin, HIGH);                       //Kondisi led hidup
        lcd.clear();                                                //Membersihkan LCD
        lcd.setCursor(0,1);                                    //Memposisikan tulisan di baris ke-0 dan kolom ke-1
        lcd.print("LABOR ELDI");                        //Mencetak tulisan di LABOR ELDI di lcd
        break;                                                       //fungsi selesai untuk kondisi case ‘2’

      default:                                                       //Jika gagal masuk ke fungsi Serial.println(tombol)
        Serial.println(tombol); 
      }
    }
  }
  else                                                                //Fungsi kecuali jika if tidak terpenuhi
  {                                                                    //Pembuka program else
    lcd.clear();                                                   //Membersihkan tulisan di LCD
    digitalWrite(13,LOW);                                 //Kondisi led mati
  }                                                                    //Penutup program else
}                                                                      //Penutupu program utama



6. Kondisi [kembali]
1. Tambahkan motor DC pada rangkaian
2. Running text pada LCD dari kiri ke kanan jika menekan tombol 2 pada keypad
3. Running text pada LCD dari kanan ke kiri jika menekan tombol 4 pada keypad
4. Akan tampil huruf satu persatu yang membentuk satu kata pada LCD jika ditekan tombol 8 pada keypad.
5. Tambahkan 4 LED, jika ditekan 3 switch, maka akan hidup 3 LED dan muncul angka 3 pada LCD.
6. LED diubah menjadi 4 buah dengan kondisi hidu mati, begitu seterusnya
7. LED diubah menjadi 4 buah dengan kondisi hidup sebagian dan mati sebagian,begitu seterusnya.

7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download
labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Industrial Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Find Us

Pageview

Followers