modul 2 LCD
2:06:00 PM
A. Menampilkan Karakter Pada LCD
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply
1. Hardware [kembali]
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
Rangkaian ini terdiri dari Arduino, 4 buah Switch, keypad, 1 LED, dan LCD. Switch terhubung ke pin digital arduino (53,51,49,dan 47), LED terhubung ke pin digital 13, KEYPAD terhubung ke pin digtal (14,15,16,17,18,19,20) dan LCD ke pin digital arduino RS=12, E=11, D4-D7 (4-7). Untuk memulai program silahkan masukkan program arduino, tekan play pada pojok kiri bawah, dan tunggu sejenak. setelah aktif tekan tombol reset sebelum eksekusi program. Prinsipnya apabila switch svdt 0 pada pin digital 53 arduino bernilai HIGH maka keypad akan aktif dan apabila tombol 1 ditekan maka LCD akan mencetak serta menampilkan tulisan "PRAKTIKUM" dengan kondisi LED Hidup.
3. Flowchart [kembali]
4. Listing Program [kembali]
#include
<Keypad.h> //Mengaktifkan
library keypad
#include
<LiquidCrystal.h> //Mengaktifkan
library LCD
int
switchh = 3; /Deklarasi
switch pada pin 3
const
int PIN_E = 11;
const
int PIN_DB4 = 7;
const
int PIN_DB5 = 6; //Pendeklarasian
pin untuk LCD
const
int PIN_DB6 = 5;
const
int PIN_DB7 = 4;
LiquidCrystal
lcd(PIN_RS,PIN_E, PIN_DB4, //Mengaktifkan
pin LCD
PIN_DB5,
PIN_DB6, PIN_DB7);
const
byte BARIS = 4; // 4 Baris //Pendeklarasian
baris keypad dengan varibel BARIS
const
byte KOLOM = 3; // 3 Kolom //Pendeklarasian
kolom keypad dengan varibel KOLOM
{'1','2','3'},
{'4','5','6'}, // Menyatakan
baris dan kolom keypad dalam bentuk
{'7','8','9'}, array.
{'#','0','*'}
};
byte
bariskeypad[BARIS] = { 14, 15, 16, 17 }; //Menyambungkan
baris keypad ke pin arduino
byte
kolomkeypad[KOLOM] = { 18, 19, 20 }; //Menyambungkan
kolom keypad ke pin arduino
Keypad
kpd = Keypad( makeKeymap(tombol),
bariskeypad,
kolomkeypad,BARIS, KOLOM ); //Mengaktifkan
fungsi keypad
#define
ledpin 13 //Menyatakan
keypad pada pin 13
void
setup() //Fungsi
utama arduino
{ //Pembuka
program
lcd.begin(16, 2); //Memulai LCD tipe 16x2
pinMode(ledpin,OUTPUT); //Deklarasi ledpin
sebagai output
pinMode (switchh, INPUT); //Deklarasi ledpin
sebagai input
digitalWrite(ledpin, LOW); //Kondisi awal led
mati
Serial.begin(9600); //Komunikasi serial arduino
ke komputer
} //Penutup
program
void
loop() //Fungsi
perulangan pada arduino
{ //Pembuka
program
if (digitalRead(switchh)==1) //Kondisi If saat
switchh==1
{ //Pembuka
program
char tombol = kpd.getKey(); //Deklarasi
tombol sepagai pemanggilan fungsi keypad
if(tombol) //Jika
if itu tombol
{ //Pembuka
program
switch (tombol) //Jika switch itu tombol
{ //Pembuka
program
case '1': //Jika
tombol keypad 1 ditekan
digitalWrite(ledpin, HIGH); //Kondisi led hidup
lcd.clear(); //Membersihkan
LCD
lcd.setCursor(0,1); //Memposisikan
tulisan di baris ke-0 dan kolom ke-1
lcd.print("PRAKTIKUM"); //Mencetak
tulisan di PRAKTIKUM di lcd
break; //fungsi
selesai untuk kondisi case ‘1’
case '2': //Jika
tombol keypad 2 ditekan
digitalWrite(ledpin, HIGH); //Kondisi led hidup
lcd.clear(); //Membersihkan
LCD
lcd.setCursor(0,1); //Memposisikan
tulisan di baris ke-0 dan kolom ke-1
lcd.print("MIKROPROSESOR"); //Mencetak tulisan di MIKROPROSESOR
di lcd
break; //fungsi
selesai untuk kondisi case ‘2’
case '3': //Jika
tombol keypad 3 ditekan
digitalWrite(ledpin, HIGH); //Kondisi led hidup
lcd.clear(); //Membersihkan
LCD
lcd.setCursor(0,1); //Memposisikan tulisan
di baris ke-0 dan kolom ke-1
lcd.print("LABOR ELDI"); //Mencetak
tulisan di LABOR ELDI di lcd
break; //fungsi
selesai untuk kondisi case ‘2’
default: //Jika
gagal masuk ke fungsi Serial.println(tombol)
Serial.println(tombol);
}
}
}
else //Fungsi
kecuali jika if tidak terpenuhi
{ //Pembuka
program else
lcd.clear(); //Membersihkan
tulisan di LCD
digitalWrite(13,LOW); //Kondisi led mati
} //Penutup
program else
} //Penutupu
program utama6. Kondisi [kembali]
1. Tambahkan motor DC pada rangkaian
2. Running text pada LCD dari kiri ke kanan jika menekan tombol 2 pada keypad
3. Running text pada LCD dari kanan ke kiri jika menekan tombol 4 pada keypad
4. Akan tampil huruf satu persatu yang membentuk satu kata pada LCD jika ditekan tombol 8 pada keypad.
5. Tambahkan 4 LED, jika ditekan 3 switch, maka akan hidup 3 LED dan muncul angka 3 pada LCD.
6. LED diubah menjadi 4 buah dengan kondisi hidu mati, begitu seterusnya
7. LED diubah menjadi 4 buah dengan kondisi hidup sebagian dan mati sebagian,begitu seterusnya.
7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download