Modul 4 LCD
11:58:00 AM
C. Menampilkan Karakter Pada LCD
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip k78erja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply
1. Hardware [kembali]
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip kerja rangkaian :
Pada percobaan ini komponen yang
digunakan adalah PIC16F877A sebagai mikrokontroler dan switch sebagai input
serta LCD sebagai output. Tombol reset digunakan untuk memulai program. Saat
switch ditekan dimana Pin D1 atau D2 ON, maka akan menampilkan karakter yang
pada LCD.
4. Listing Program [kembali]
sbit LCD_RW at RB4_bit;
sbit LCD_EN at RB3_bit;
sbit LCD_D4 at RD4_bit;
sbit LCD_D5 at RD5_bit;
sbit LCD_D6 at RD6_bit;
sbit LCD_D7 at RD7_bit; //Pendeklarasian pin untuk LCD
sbit LCD_RS_Direction at TRISB5_bit;
sbit LCD_RW_Direction at TRISB4_bit;
sbit LCD_EN_Direction at TRISB3_bit;
sbit LCD_D4_Direction at TRISD4_bit;
sbit LCD_D5_Direction at TRISD5_bit;
sbit LCD_D6_Direction at TRISD6_bit;
sbit LCD_D7_Direction at TRISD7_bit;
void main() //Fungsi utama PIC
{
TRISC=0X03; // Port D0 dan D1 berfungsi sebagai input
PORTC=0X00; // Kondisi awal pada port D berkondisi low
Lcd_Init(); // Deklarasi LCD
Lcd_Cmd(_LCD_CLEAR); //LCD diclear (dibersihkan)
Lcd_Cmd(_LCD_CURSOR_OFF); //Pada LCD tidak menampilkan kursor
while(1) //Kondisi perulangan
{
if(PORTC.RC0==0) //Apabila port D0 diberi kondisi HIGH
{
Lcd_Out(1,1,"Selamat"); //LCD akan menampilkan tulisan "Selamat"
}
if(PORTC.RC1==0) //Apabila port D1 diberi kondisi HIGH
{
Lcd_Out(2,1,"Praktikum ^_^"); //LCD akan menampilkan tulisan " Praktikum ^_^"
}
}
}
6. Kondisi [kembali]
1. Menampilkan tulisan bergerak dari kiri ke kanan saat menekan salah satu switch
2. Menampilkan angka bergerak dari kanan ke kiri saat menekan salah satu keypad
3. Memunculkan kata secara bergantian jika ditekan switch pertama dan angka 5 pada keypad.
4. Tambahkan 4 LED, jika ditekan 1 switch, maka akan hidup 1 LED dan muncul angka 1 pada LCD.
5. Akan tampil huruf satu persatu yang membentuk satu kata pada LCD jika ditekan tombol 8 pada keypad.
6. Tambahkan 4 LED, jika ditekan switch kedua, maka 2 LED yang hidup dan muncul angka 2 di LCD
7. Tambahkan 4 LED, jika ditekan switch ketiga, maka 3 LED hidup dengan berkedip dan mucul angka 1,2,3 pada LCD
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download