Our Story.
Share anything about our laboratorium

Tugas Praktikan

RINCIAN TUGAS PRAKTIKAN

Yang wajib dimiliki praktikan saat praktikum:
1. Laptop; sudah terinstall program aplikasi untuk praktikum seperti proteus dan bahasa C untuk mikrokontroler ATMEGA dan lain-lain.
2. Jika diperlukan, Link ke web menggunakan wifi melalui Hp masing-masing praktikan.
3. Blog pribadi dengan domain (Namalengkap+angkatan+4angkaterakhirNIM) dan diisikan ke dalam spreadsheet yang telah disediakan di website labor. ; berisi laporan pendahuluan yang sudah asistensi dengan asisten laboreldi, yang berisi sama seperti tampilan modul di blog yaitu ada tujuan, alat, teori (sesuai kebutuhan aplikasi yang dibuat), foto hardware, rangkaian + prinsip kerjanya, flowchart, listing program + penjelasan program, video+panduan, dan link download(file-file: *.html, rangkaian, program dan video+panduan).

Sebelum Praktikum :
1. Sudah mengisi jadwal praktikum dan modul serta kondisi melalui registrasi di www.laboreldi.id.
2. Praktikan wajib membuat rangkaian simulasi dan program sesuai dengan modul dan kondisi percobaan yang telah dipilih dalam PROTEUS (laporan dimuat di blog pribadi, berisi seperti modul praktikum mikroprosesor include link download (file2; *.html, rangkaian, program, video+panduan).
3. Praktikan harus menyelesaikan Tugas Pendahuluan sekurang-kurangnya 3 modul sebelum praktikum pertama dimulai.
4. Praktikan melakukan asistensi terhadap rangkaian dan program yang telah dibuat 2 hari sebelum praktikum dimulai, sesuai dengan kondisi percobaan yang diinginkan praktikan, dan jika praktikan tidak membuat rangkaian serta simulasinya, maka praktikan tidak dibenarkan ikut praktikum. 
5. Saat asistensi rangkaian dan program, praktikan telah selesai install software yang digunakan dan paham cara penggunaannya. Jadi yang diasistensikan adalah program serta rangkaian, buku cara penginstalan serta cara pemasukan program, kecuali terdapat masalah diluar tutorial yang tersedia.
6. Yang akan dipraktikumkan adalah modul dengan kondisi yang telah dipilih oleh praktikan sendiri.

Saat Praktikum :
1. Praktikan mengetik kembali program yang telah dibuat sesuai dengan yang di pilih pada PC yang telah disediakan.
2. Praktikan wajib membuat video jalannya kondisi yang dipilih pada rangkaian dan Hardware untuk laporan yang akan diupload pada blog pribadi.
3. Setiap praktikum akan memakan waktu lebih kurang 90 menit.
4. Jika kondisi yang dipilih praktikan tidak berhasil pada saat praktikum maka praktikan akan mengerjakan salah satu percobaan yang ada didalam modul yang bersangkutan dengan nilai maksimal C.
5. Sistem penilaian yaitu setiap modul yang dikerjakan.  

Setelah Praktikum :
1. Membuat laporan lengkap didalam blog pribadi yang berisi presentasi laporan praktikum untuk seluruh modul.(teori komponen, rangkaian lengkap aplikasi dan prinsip kerja program).
2. Dari blog praktikan, bisa di download (*.html, file rangkaian, Flowchart, program,video simulasi rangkaian + program, dan panduan).
3. Seluruh ketentuan yang harus ada dalam blog dilengkapi maksimal seminggu setelah praktikum modul yang bersangkutan selesai dilaksanakan
4. Seluruh kelengkapan laporan akan dipantau langsung oleh Dosen Pembimbing Praktikum.

Catatan :
1. Html: Ringkasan ( jangan copy & paste) dari buku.
2. Cover  (halaman awal) blog berisi kata2 : bahan presentasi untuk matakuliah Praktikum Mikroprosesor dan Mikroprosesor 2018, Koordinator Praktikum : Darwison, MT, referensi:

   1. Darwison, 2010, ”Teknik Interface (antarmuka): Perancangan hardware dan simulasi software     serta aplikasinya ”, ISBN: 978-602-9081-10-7, CV Ferila, Padang atau
   2. Darwison, 2007 “ Teori, Rancangan ,Simulasi Dan Aplikasi Mikroprosesor Dan Mikrokontroller” ISBN: 978-602-9487-09-1”, CV Ferila, Padang atau.
   3. Mikrokontroller  (sesuai bukuyang digunakan sebagai presentasi).

3. Laporan di upload ke blog pribadi Seminggu setelah praktikum modul bersangkutan.
labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Digital Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Pageview

Followers