Our Story.
Share anything about our laboratorium

Peraturan Praktikum Elektronika dan Sistem Digital

 TATA CARA DAN PERATURAN 
PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DAN SISTEM DIGITAL
TAHUN 2017

Yang wajib dimiliki praktikan saat praktikum :
1. Laptop yang sudah berisi software lengkap (Multisim dan Proteus).
2. Kartu kontrol (Buffalo warna biru), dan  lembar asistensi.
3. Modul praktikum beserta jurnal praktikum.
4. Blog pribadi dengan domain (Namalengkap+angkatan+4angkaterakhirNIM) dan diisikan ke dalam spreadsheet yang telah disediakan di website labor maksimal 1 minggu setelah responsi awal.

Sebelum Praktikum :
1. Mengisi jadwal praktikum dan modul serta kondisi tugas pendahuluan yang akan dikerjakan untuk ke empat modul praktikum yang telah disediakan oleh asisten di website labor.
2. Praktikan wajib membuat rangkaian simulasi di multisim dan proteus setiap tugas pendahuluan yang dipilih. Pada minggu pertama praktikum, praktikan sudah harus membuat ke empat simulasi rangkaian tugas pendahuluan
3. Praktikan melakukan asistensi terhadap rangkaian yang telah dibuat 2 hari sebelum praktikum dimulai sesuai dengan tugas pendahuluan yang dipilih untuk modul yang akan dipraktikumkan.
4. Praktikum wajib meng-upload tugas pendahuluan yang telah dikerjakan ke blog pribadi masing-masing sebelum melaksanakan praktikum.
5. Saat asistensi rangkaian, praktikan telah selesai install software yang digunakan dan paham cara penggunaan nya. Jadi yang diasistensikan adalah rangkaian, bukan cara penginstalan.

Saat Praktikum :
1. Yang akan dipraktikumkan adalah percobaan yang tersedia di modul praktikum, dimana praktikan akan melaksanakan minimal 2 percobaan yang ada di modul praktikum dimana yang akan dipilihkan oleh asisten yang mengawas pada modul tersebut.
2. Praktikan wajib memvideo kan percobaan yang dilakukan pada setiap modul praktikum dan mengambil data untuk jurnal praktikum
3. Setiap praktikum akan memakan waktu lebih kurang 45 menit.
4. Sistem penilaian yaitu setiap modul yang dikerjakan.

Setelah Praktikum :
1. Membuat laporan lengkap didalam blog pribadi yang berisi presentasi laporan praktikum untuk seluruh modul.(teori komponen, rangkaian simulasi lengkap, Jurnal praktikum (scan atau foto) , Tugas pendahuluan yang dikerjakan beserta video simulasi dan hardware).
2. Dari blog praktikan, bisa di download (*.html, file rangkaian, video simulasi rangkaian(Proteus dan Hardware dan panduan).
3. Seluruh ketentuan yang harus ada dalam blog dilengkapi maksimal seminggu setelah praktikum modul tersebut dilaksanakan.
4. Seluruh kelengkapan laporan, akan dipantau langsung oleh  asisten beserta dosen pengampuh praktikum.
EldiTV EldiTV Author

About



Welcome to the website of Digital Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Pageview

Followers