Our Story.
Share anything about our laboratorium

A HISTORY OF NETWORK


            Dizaman sekarang ini Internet sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Jaringan internet dan telekomunikasi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Lantas, bagaimana sejarah dan perkembangan terbaru dari jaringan itu sendiri?

Tahun 1984, generasi pertama (1G) jaringan telekomunikasi standar nirkabel diluncurkan di seluruh Jepang oleh Nippon Telegraph dan Telephone. Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA). Teknik ini memungkinkan untuk membagi-bagi alokasi frekuensi pada suatu sel untuk digunakan masing-masing pelanggan di sel tersebut, sehingga setiap pelanggan saat melakukan pembicaraan memiliki frekuensi sendiri (prinsipnya seperti pada stasiun radio dimana satu stasiun radio hanya menggunakan satu frekuensi untuk siarannya). (Tomorrow4life, 2013)
Diluncurkan secara komersial dengan standar Global System for Mobile Communications (GSM) di Finlandia pada tahun 1991, 2G membawa standar nirkabel yang jauh lebih unggul dari apa pun yang ditawarkan generasi pertama. Generasi 2G sudah menggunakan teknologi digital. Generasi ini menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA) dalam teknik komunikasinya. (Tomorrow4life, 2013)
Pada Oktober 2001, Teknologi generasi ketiga (3G) dikembangkan oleh suatu kelompok yang diakui para ahli dan pelaku bisnis yang berkompeten dalam bidang teknologi wireless di dunia. 3G (Third Generation) sebagai teknologi yang berfungsi mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam. (Syafari, 2003)
4G pertama kali diperkenalkan ke Inggris pada tahun 2012 ke 11 kota besar termasuk London, Manchester, Bristol, Birmingham, Cardiff, Edinburgh, Leeds, Liverpool, Sheffield, Glasgow, dan Southampton. 4G memiliki kecepatan hingga 12Mbps, lima kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. (Tomorrow4life, 2013)
Jaringan 5G (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Teknologi terbaru seluler ini baru direncanakan dirilis pada tahun 2020. Dan jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya. Tetapi di Amerika Serikat telah dirilis jaringan 5G pertama kali tahun 2018 oleh Verizon, perusahaan telekomunikasi sekaligus operator seluler di Amerika Serikat. (Pertiwi, 2018)

References

Pertiwi, W. N. (2018, October 2). Kompas.com. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2018/10/02/16060047/jaringan-5g-pertama-di-dunia-resmi-online
Syafari. (2003). Sekilas tentang teknologi 3G. Bandung: IlmuKomputer.com. Retrieved from IlmuKomputer.com.
Tomorrow4life. (2013, February 7). Wordpress.com. Retrieved from Wordpress.com: https://tomorrow4life.wordpress.com/2013/02/07/sejarah-dan-perkembangan-jaringan-seluler-2g-3g-4g/



labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Industrial Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Pageview

Followers