Our Story.
Share anything about our laboratorium

HOLOGRAM TECHNOLOGY


Sumber : Inhabitat.com
Hologram adalah salah satu teknologi masa depan yang diidam-idamkan banyak orang. Pernahkah Anda menonton film Iron Man? Dalam film tersebut banyak adegan yang menampilkan teknologi hologram. Saat ini, teknologi tersebut bukan lagi hanya sebatas mimpi. Lantas, apa itu teknologi hologram dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu hologram?
Sebelum mengenal hologram, kita harus lebih dulu mengetahui tentang holografi. Holografi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. Teknologi perekaman citra tiga dimensi ini menggunakan sinar murni (seperti laser). Setelah pemrosesan, penampakan benda akan terlihat berbeda-beda dari berbagai sudut (Dorling, 1997).
Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik yang bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan (Dorling, 1997).


Sejarah singkat hologram
Berikut merupakan sejarah singkat dari teknologi hologram.
                                                                                           Sumber : Penulis



Cara Kerja Hologram
Secara umum, hologram merupakan sebuah proses penampilan gambar akibat terbentuknya pola pencampuran sinar ketika dua sinar laser bertumbuk pada satu permukaan holograf. Salah satu dari sinar tersebut dinamakan Reference Beam yaitu sinar yang tidak memantul pada objek, sedangkan sinar yang lain disebut Object Beam karena memantul dan mengenai objek (Husaini, 2015).

Kelebihan hologram
Kelebihan hologram ialah  mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek tiga dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang. (Mirabito & Morgenstern, 2004).
Dampak positif dan negatif hologram
            Salah satu dampak positif dari hologram ialah menghasilkan objek 3D, sehingga pengguna bisa melihat objek tersebut secara langsung tanpa harus membayangkannya. Hanya saja, hologram juga memungkinkan terjadinya penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam kebocoran informasi yang disimpan oleh hologram tersebut (Husaini, 2015).

References

Dorling, K. (1997). cahaya laser. Jendela IPTEK Cahaya, 56.
Husaini, A. N. (2015, November 8). Insinyoer.com. Retrieved from Insinyoer.com: http://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-hologram/

Mirabito, M., & Morgenstern, B. (2004). New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, Fifth Edition. United Kingdom: Focal Press. (MM).
labor eldi labor eldi Author

About



Welcome to the website of Industrial Electronics Laboratory. The Laboratory is located in the Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Andalas University

Pageview

Followers